Suzuki S-Presso Masuk Filipina, Crossover Yang Masih Saudaraan Dengan Karimun Wagon R

Crossover semakin merajai di dunia permobilan, dan kini sudah nyasar di kelas city car kecil

Yudakusuma.net – Salam sedulur apa kabarnya…. semoga sedulur masih dalam keadaan sehat wal’afiat ya. Ini mungkin karena semenjak ada Virus Corona lalu beberapa berita otomotif menjadi vakum mas bro. Nah di tengah ke-vakum-an yang melanda ternyata saat buka beranda YouTube muncullah sosok yang tidak diduga-duga. Sosok bernama Suzuki S-Presso… oke tapi kok akun Youtubenya Suzuki Philippines ya? WAIT A MINIUTE, WHO ARE YOU?

Oke lanjot… Suzuki S-Presso ini ternyata didatangkan dari India, memang base Suzuki itu ada dua di seluruh dunia. Pertama di Jepang dan kedua di India, sama seperti Toyota di Indonesia, India menjadi second home bagi Suzuki, laris pol disana. Coba cari top chart mobil terlaris, pasti mobil merek S ini yang nongol duluan. Nah Suzuki juga banyak membuat line up di India sama seperti Toyota Daihatsu di Indonesia, soo… salah satunya adalah S-Presso.

tampilan depan suzuki s-presso 2020 indonesia

Mobil ini emang baru baru aja keluar dari India cuma baru tau kalo baru baru ini mereka ekspor ke Filipina. Mungkin bagi sebagian orang terlihat aneh mobil ini, tapi sebenarnya S-Presso juga salah satu terobosan baru Suzuki loh. Karena memang segmen SUV dan Crossover ini lagi favorit favoritnya, dan mobil kecil juga masih disenangi orang. Lalu Suzuki combine 2 selera ini, pertama jadi Suzuki Ignis seperti yang kita tahu dan kedua jadi Suzuki S-Presso.

tampilan depan samping suzuki s-presso 2020 indonesia

Nah S-Presso sendiri hadir di kelas City Car 1000 cc yang modelnya kebanyakan tidak jauh berbeda dengan Kei Car Jepang. Maka sebenarnya mobil ini berada di kelas Suzuki Karimun Wagon R, Renault Kwid dan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 X. Mungkin lebih apple to apple sama Renault Kwid ya. Lihat dari depan kita ketemu sama grille yang sama dengan punya Ignis terbaru dan Vitara Brezza, motif 4 U. Lampunya semua masih halogen, gaada LED disini apalagi LED DRL, tapi di india, LED DRL ditempatkan di bumper dibawah headlamp, btw ini Foglamp juga gaada.

tampilan samping suzuki s-presso 2020 indonesia

Melihat ke samping mungkin polanya agak aneh ya, seperti bertumpuk gitu sih. Nah dia bikin fender gembung nih biar kesannya agak SUV SUV gitu cuma lucuk karena sizenya kecil. Panjang Lebar Tinggi mobil ini sendiri 3565 x 1520 x 1565 mm plus wheelbase 2380 mm dan ground clearance 180 mm. Ground Clearancenya sama dengan Ignis punya dan Ayla juga. Oh ya velgnya model kaleng pake 14 inchi dengan ada dop plus ban 165 / 70 R14.

tampilan belakang suzuki s-presso 2020 indonesia

Pas melihat model belakang, desainnya pun dibuat seperti SUV dengan kaca belakang miring tipis dan lampu belakang halogen dengan profil sedikit memanjang plus cat eye di bawah. Nah sadar gak sih kalo di mobil ini bempernya ada 2 bagian di depan dan belakang? Uniknya mereka membuat bemper terbawah ini berwarna hitam sehingga meminimalisir bentuk anehnya yang bertumpuk-tumpuk.

tampilan dashboard suzuki s-presso 2020 indonesia

Masuk ke dalam kita bisa lihat dashboardnya cukup unik dengan desain center cluster berpadu dengan cluster information kayak Mini Cooper. Model setirnya sendiri emang mirip sama Ignis tapi lebih polos, disini kebanyakan aksen hitam sih, kalau di India ada tombol audio dan bluetooth seperti Ignis, versi ekspor sepertinya tidak.  Dashboard terkesan polos hitam walaupun di India ada aksen melingkar berwarna di tengah tapi terasa kurang. Padahal kalau dibikin two tone kayak Ignis kan keren juga ya.

tampilan speedometer suzuki s-presso 2020 indonesia

Cluster Informationnya simpel banget, hanya ada speedometer digital, tripmeter digital, indikator gear (padahal manual tapi ada), indikator BBM, dan sisanya lampu indikator biasa macam ABS, Handrem, Airbag, Seatbelt, Sein, Oli, Aki, Alarm, Injeksi, Radiator dan lain sebagainya.

tampilan headunit suzuki s-presso 2020 indonesia

Minimnya cluster information ini ditutupi dengan headunit touchscreen 7-inchi yang cukup lengkap. Emang kecil sih tapi udah cukup menolong mobil ini dari segi entertainment. Dibawahnya ada hazard dan power window, jadi power windownya gak di doortrim. Lucunya power window ini cuma di depan, sisanya penumpang belakang model window by power alias engkol. Untuk spionnya masih menggunakan tuas buat mengontrol arah kaca spion macam taksi Limo, sedih bener.

tampilan kabin depan suzuki s-presso 2020 indonesia

Untungnya bawah ada AC kenop mesin cuci dengan komposisi cukup lengkap, bisa panas dingin, atur arah AC, atur kecepatan angin, defroster kaca depan dan defogger kaca belakang. Walau semuanya masih mekanis tapi lengkap sudah pirantinya. Dibawah ada colokan charger yang masih harus di extend buat ngecas HP, ada juga colokan USB dan AUX buat nyambung ke headunit.

Kompartemen depan ada glove box dan open tray, bawah AC ada tempat penyimpanan dan 2 cup holder, di doortrim ada cupholder dan door pocket. Untuk kompartemen belakang ada penyimpanan di tengah yang bentuknya semi cup holder gitu sedangkan di doortrim polos saja gaada tempat penyimpanan bahkan gaada speaker. Mungkin di bagasi ya disediakan cover bagasi yang bisa dilepas pasang, lumayan buat naruh-naruh.

tampilan kabin belakang suzuki s-presso 2020 indonesia

Seating position mobil ini cenderung tinggi, mungkin sedikit lebih tinggi daripada Karimun Wagon R. Yah penuliz pikir mirip Ignis sih, kalau bagi warga India yang badannya gede-gede, akomodasi S-Presso cukup nyaman. Oh ya kursi depan model seat bucket alias jok pocong soalnya headrestnya nyambung, jok belakang pun juga headrestnya nyambung. Selebihnya adalah bagasi yang cukup besar, dibanding Celerio pun lebih besar S-Presso. Plus di bawah lantai ada ban serep full size velg kaleng (ya yang dipake juga velg kaleng haha).

tampilan bagasi suzuki s-presso 2020 indonesia

Hal yang menarik di mobil ini adalah infotainment systemnya, kalau di India headunitnya juga jadi MID. So kalau misalnya pintu gak tertutup rapat pasti ada warning di headunitnya, begitu pula kalau bensin habis. Cuma jeleknya ya lagu di headunit bakal mandek saat warningnya muncul. Saking mirip MID, bahkan bisa ngukur seberapa kehematan bahan bakar kita dan MID headunit ini ternyata bisa dioperasikan lewat aplikasi HP. Wagelasih, ini yang dibutuhkan orang-orang.

tampilan infotainment system suzuki s-presso 2020 indonesia

tampilan suzuki smartplay aplikasi hp suzuki s-presso 2020 indonesia

Piranti keselamatan mobil ini juga lumayan kok, ada dual airbags, ada ABS tapi belum EBD, bodynya sendiri pakai Heartech andalan Suzuki, parking sensor 2, ISOFIX dan immobilizer key. Mesinnya sendiri standar menggunakan K10B 1000cc 3 silinder dengan tenaga 67 hp @ 5500 rpm dan 90 nm @ 3500 rpm. Tabel selengkapnya bisa dilihat disini.

spesifikasi mesin suzuki s-presso 2020 indonesia

Nah kira kira itu sekilas dari Suzuki S-Presso, mobil City Car Crossover 1000 cc kembarannya Suzuki Karimun Wagon R. Kira kira nih dulurs, apakah menarik jika Suzuki Indonesia memboyong S-Presso ke Indonesia entah menggantikan Wagon R atau mendampingi Wagon R dengan sedikit perubahan mungkin ya paling nggak semua udah power window dan ada electric mirror lah. Oke silahkan komentar di bawah ini….

Nyetir sehat pasti pintar……….. Salam gendjossssss………

source : Suzuki Philippines, Overdrive India, Team-BHP

 

This entry was posted in City Car and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *