First Impression Suzuki Ignis Facelift 2020 Lengkap, Semakin Mantep Nih Ubahannya

Faceliftnya memang minor change, tapi mobil ini masih punya value yang bagus di kelasnya

Yudakusuma.net – Selamat malam poro sedulur… gimana kabarnya semoga saat membaca artikel ini sedulur masih diberikan kesehatan dan semoga wabah Covid-19 dapat cepat hilang dari bumi nusantara. Oke lurd kemarin memang ada launching virtual secara nasional Suzuki Ignis facelift 2020 yang menggusung tema “The New Urban SUV”. Ya serah aja sih taglinenya… tetep aja lurd ini city car haha….

Mungkin masih ada yang penasaran tentang city car yang satu ini, dan menurut penuliz ini satu-satunya city car crossover yang paling proper yang pernah penuliz tahu. Lho iya, coba aja lihat sebelumnya ada Hyundai i10X atau bahkan Yaris Heykers yang ranahnya udah ke hatchback… tetep ga mashok…. Di luar negeri pun sama saja, ada Etios Cross, Chevy Spark Activ… wah mumet lur…

Salah satu city car crossover Hyundai Grand i10X

Jadi ini sebenarnya Ignis kelas baru lur… karena kompetitornya nyaris gaada yang bentuknya kayak gini, cuma satu lur… namanya Fiat Panda di luar. Berhubung kita di Indonesia udah gaada Fiat (sempet masuk ada Fiat Punto tapi habis itu gatau lagi kabarnya), praktis Ignis lawannya hanya Brio dan Sirion.

Fiat Panda Cross adalah rival terberat Suzuki Ignis di Eropa

Nah penuliz ngerasa kalo Brio dan Sirion ini seperti city car pada umumnya, lebih ke arah funky anak muda. Kalo Ignis ini alirannya retro fancy, sama-sama anak muda juga, tapi lebih mirip alirannya ke Mini Cooper dan Fiat 500. Mungkin biar gampang ngertinya dibawa ke motor aja ya… kalo Brio dan Sirion kayak motor Honda Beat sedangkan Suzuki Ignis ini kayak Honda Scoopy, kan basisnya sama tuh tapi alirannya beda.

Rival Suzuki Ignis di Indonesia, Daihatsu Sirion dan (harusnya) Honda Brio RS

Berkat perbedaan aliran ini, Suzuki Ignis tetap ada minat dan tetap hidup meski tahun kemarin sempat turun karena hambatan impor. Maklum Ignis masih CBU dari India lurd, di Indonesia sendiri fokus merakit Suzuki Ertiga, Suzuki Carry dan Suzuki XL7. Nah karena saya gak puas lihat launching virtual, ndilalah dikabari sales kalau Suzuki Ignis lagi di-display. Ngacir sudah… tapi tetep safety dengan maskeran dan social distancing.

Tampang Samping Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Oke seperti ini lur modelnya, ini sudah sempet saya buat video detail jadi tunggu saja di Youtube Yudakusuma AutoVlog ya. Lanjut, model mobil ini memang semakin matang dengan grille yang dibuat ala Jimny dan Vitara Brezza. Bagi yang belum tau, Vitara Brezza adalah hasil peranakan Maruti Suzuki India antara Vitara dan Swift, jadilah seperti demikian.

Grill Depan Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Sepertinya Suzuki ingin menebalkan kesan SUVnya sih lurd, dan itu terlihat bagus lagi dengan bumper depannya yang dikasih diffuser. Jadi grillnya udah ga kayak Avanza facelift gen 1 lagi lurd. Cuman karena ini varian tertinggi GX, chrome yang mengelilingi lampu dan grille tu bikin sakit mata ya… lebih adem varian GL yang ga perlu ada list chrome yang mengelilingi gitu.

Bumper Diffuser Depan Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Bisa kelihatan juga ini headlampnya sudah LED projector bi-beam ya jadi lampu jauh dekat tetap LED, untuk foglamp masih halogen. Ukuran foglamp sepertinya agak lebih kecil karena mengikuti rumahnya tapi menurut penuliz gak masalah soal penyinaran lampunya.

Pillar Kaca Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Oke lanjut samping, disini hampir gaada bedanya ya… model masih mirip dengan yang lama. Kap mesinnya sendiri unik, rata-rata mobil SUV Suzuki seperti ini, julukannya clamshell bonnet plus ada skid disamping juga. Velg mobil ini masih sama kayak kemarin, 15 inchi motif U dengan full black dengan ukuran 175/65 R15 untuk semua ban.

Velg Ban Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Pengereman sendiri depan cakram dan belakang tromol. Untuk GX dikasih roof rail seperti ini, pillar A dan B dihitamkan biar ada kesan floating roof dan pillar C ada identitas kayak logo adidas gitu, ya ini identitas yang sama dengan mobil kei car Suzuki Whizzkid / Fronte, mbahnya Swift dan Mbak leno.

Tampang Belakang Back Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Lanjut belakang hampir gaada yang beda ya, kaca belakang landai dengan defogger kaca belakang biar ga berembun. Model lampu dan plat nomer sama, lalu bumper belakangnya motifnya beda dengan difusser yang senada dengan depan dan cat eye motif beda.

Tampilan Bumper Diffuser Belakang Back Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Memang sih bentuk belakang ga semua orang suka, tapi Suzuki sadar hal itu dengan mengubah bumper belakang, jadinya lumayan nih. Kalo ada yang ngomong “Harusnya diubah semuanya tuh… kan yang ga bagus belakangnya.” Ya namanya juga facelift, sedikit2, kalo belakang dirombak kan namanya major change kayak Brio tuh.

Kursi Depan Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Masuk ke dalam layoutnya nyaris sama, yang terdeteksi perbedaan adalah joknya yang punya motif beda, tapi masih fabric kok. Oh ya joknya bahan masih sama, empuk masih, support di samping jok juga tebal, apalagi headrestnya yang segede stupa itu. Pengaturan jok depan 3 macam, bisa sliding, bisa reclining ke belakang sampe rebah.

Tampilan Dashboard Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Kalau dashboardnya dia ga jauh beda ya, masih two tone hitam putih plastik… paling handle doortrim sama center cluster bawah yang sekarang warnanya jadi silver untuk all varian warna. Kecuali kalo Ignisnya warna biru maka bagian itu tadi jadi warna biru.

Cluster Information Speedometer Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Detail-detailnya, Cluster Information (area spidometer) masih sama, iluminasi lampu warna biru, motif spido ala Suzuki yang kayak jam tangan samping kiri ada tachometer rpm dan MID (Multi Information Display) monochrome ala Nokia NGage. Oh ya MID ini cukup lengkap pengaturannya mulai dari lampu clusternya mau seberapa terang, ngatur satuan jarak, ngatur konsumsi bbm,¬†indikator jam, sampai alarmnya mau model sekali pencet buka satu pintu atau sekali pencet semua pintu kebuka. Semua ini bisa dikontrol di tombol samping cluster informationnya, jadi mau tua muda… gampang mengoperasikannya, ga ribet menurut penuliz.

MID Setting Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Sebelum lanjut ke panel lain, nih alarmnya dah beda, kotak kayak semua line up Suzuki, udah ga kayak Kinder Joy lagi. Lanjut ke bawah ada tombol start stop, sampingnya ada tombol alarm on off dan pengaturan ketinggian headlamp. Setir modelnya juga masih sama, ada pelat silver dan audio steering switch serta bluetooth. Pengaturan setir dia modelnya bisa naik turun (tilt steering), belum maju mundur (telescopic steering). Oh ya Suzuki Ignis ini udah ada fitur safety Dual Airbag dan ada ABS EBD ya.

Setir Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Lanjut ke Center Cluster (tengah dashboard), penuliz masih menemukan headunit yang serupa dengan casing model ngambang dan panelnya dilapisi doff. Ukuran headunit touchscreen masih sama dengan model unit yang mirip di Baleno punya. Bisa AUX, USB dan bluetooth cuma minus mirror link ke hp aja. Dashboard depan penumpang ada console box, belum soft opening, tapi ada kabel USB dan kabel HDMI ke headunitnya. Sound system depan belakang sudah ada plus ada twitter di pilarnya.

Infotainment System Headunit Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Ke bawah lagi ada pengaturan AC digital dengan casing ala ala bluetooth speaker, ini yang menarik dari dia. Pengaturannya juga lengkap, mau panas dingin, semburannya kenceng seberapa, auto AC, tombol off, tombol defroster kaca depan biar ga berembun, tombol defogger kaca belakang, pengaturan arah semburan juga. Turun ke bawah lagi, ada charging port cuma harus pake extender, plus ada lagi port AUX dan USB yang langsung ke headunit.

AC Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Turun ke bawah center cluster ada penempatan barang plus 2 cupholder, mundur lagi kita menemukan transmisi AGS dan mundur lagi ada handbrake manual dan cupholder belakang. Belum ada console tengah ya di mobil ini.

Transmisi AGS Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Lalu doortrim depan warnanya juga two tone hitam putih dengan model plastik, isinya sih ya ada handle pintu, handrest, handle doortrim abu-abu, electric mirror (spion juga bisa kelipet), child lock dan power window (auto down di supir tapi belum auto up). Di bawah ada cup holder lagi plus storage buat naro majalah dan speaker.

Doortrim Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Geser ke belakang model kursinya juga masih sama dengan kemarin, fabric dengan busa empuk, motifnya saja yang beda. Model kursi low floor hi seat, ruangnya termasuk lega saat saya masuk dengan ukuran tinggi saya sekitar 176 cm. Ruang kaki luas, ada ruang buat sepatu kita masuk ke bawah jok depan, headroom juga luas banget. Dari dulu emang jago Suzuki soal desain kelegaan kabin, paling cuma Daihatsu yang punya kejeniusan serupa.

Kursi Belakang Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Tempat penyimpanan di baris belakang ada di belakang kursi penumpang depan buat taroh buku dan di doortrim ada cupholder aja. Jadi total ada 7 cupholder di Suzuki Ignis ini. Oh ya masalah atap-atapan, model atapnya beige, ada lampu kabin di depan, handgrip (pegangan tangan) semua tempat duduk kecuali supir. Hal yang minus di baris belakang adalah headrest depan yang masif kayak stupa bikin visibilitas ke depan berasa kurang dan jendelanya yang ada gap kecil jadi sedikit minor ya karena kacanya ada sisa yang gak kebuka.

Tampilan Bagasi Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Pelipatan Jok Belakang 60:40 Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Lari ke bagasi, untuk membukanya kita harus pencet sensor di atas plat nomer dan buka engsel di sampingnya. Setelah dibuka, maka kita bisa lihat ukurannya yang cenderung besar dan dalam, ukuran bagasi memang termasuk gede, ukurannya sedikit mirip bagasi Brio. Samping kiri ada lampu bagasi, di atas bagasi ada tray untuk menutupi barang di bagasi. Apabila ingin bagasi lebih besar, kursi belakang bisa dilipat dengan pengaturan 60 : 40. Untuk ban serep ada di lantai bawah bagasi bisa diakses dengan mudah dengan velg kaleng.

Mesin K12M tenaga 82hp torsi 113nm Suzuki New Ignis 2020 Indonesia

Ngomongin soal mesin, mesinnya kode K12M 1200cc 4 silinder dengan tenaga 82 hp @ 6000 rpm dan 113 @ 4200 rpm. Dari spek termasuk cukupan, bukan yang bertenaga, tapi memang irit kalau berdasarkan di forum-forum, sekitar 1 liter : 18-20 km. Sayangnya penuliz belum dapat kesempatan buat tes drive mobil ini, yah semoga waktu itu datang hehehe….

Harga dari Suzuki New Ignis ini mulai dari

  • Suzuki New Ignis 2020 GL Manual : Rp.177 juta
  • Suzuki New Ignis 2020 GL AGS : Rp.187 juta
  • Suzuki New Ignis 2020 GX Manual : Rp.196 juta
  • Suzuki New Ignis 2020 GX AGS : Rp. 207 juta.

Ini untuk OTR Jogja ya, apabila sedulur dari Jogja berminat bisa tanya-tanya ke instagram @suzukitegalrejo untuk info mobil, cashback atau hadiah menarik. Oke sekian detail-detail tentang Suzuki New Ignis Facelift 2020, setidaknya apabila di saat-saat ini sedulur ada yang tertarik, artikel ini bisa mencerahkan.

Nyetir sehat pasti pintar…. Salam Gendjooosss…..

This entry was posted in City Car and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *