Akibat Pandemi Corona, Harga Motor Matic Naik per April 2020

Di tengah pandemi COVID-19 ini, mau tidak mau seluruh anggaran harus kita sesuaikan, termasuk apakah tahun ini sedulur beli motor?

Yudakusuma.net – Selamat malam poro sedulur, semoga kita senantiasa tetap diberikan kesehatan di tengah situasi tidak menentu ini. Langsung to the point, di saat work from home seperti ini penuliz mendapatkan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh para sedulur. Sepertinya kalau sedulur ingin beli motor pada bulan ini, sedulur harus menyiapkan anggaran yang lebih.

Harga motor per April 2020 dikarenakan kurs mata uang asing yang terkerek naik maka mau nggak mau harga pasaran motor juga terkerek. Uniknya yang terpantau disini adalah harga skutik entry level macam Beat, Mio dan Address yang ada di harga 20 jutaan kebawah. Untungnya kenaikan harga tergolong tidak terlalu fantastis seperti kurs dollarnya, tapi ya namanya naik ya naik sih ya.

Seperti yang disampaikan pada Kompas otomotif, berikut adalah harga motor matic entry level Honda per April 2020. Dalam data ini disebutkan bahwa Harga Honda all new Beat masih tetap di kisaran 16,45 juta sampai 17,25 juta. Tapi untuk Vario 125, Scoopy dan Genio seperti tidak bisa mengelak dengan koreksi harga ini. Maka untuk mengerti perbedaan harganya, penuliz membuat diagram sederhana seperti ini.

Nah disini terlihat bahwa Honda Vario mengalami peningkatan harga yang cukup lumayan. Apabila dikalkulasi maka selisih harga Vario 125 CBS mencapai 337 ribu dan selisih harga Vario 125 CBS ISS mencapai 372 ribu. Sedangkan untuk Scoopy dan Genio peningkatan harga tidak ekstrim, rata-rata mencapai 180 ribu kebawah.

Berlanjut ke model Yamaha, berikut adalah harga motor matic entry level Yamaha per April 2020. Dalam tabel ini pesertanya adalah Yamaha Freego, Yamaha Mio M3, Yamaha Fino, Yamaha Soul GT dan Yamaha X-Ride. Nah kita lihat sekali lagi, rupanya yang harganya masih sama ada beberapa line up, seperti Freego S ABS, Mio Z, dan Soul GT.

Lalu bagaimana dengan line up yang harganya bertambah? mana yang paling drastis? Sesuai dengan tampilan chart ini sebenarnya rata rata selisihnya tipis saja. Namun kalau harus dicari, yang paling terkerek adalah X-Ride dan Fino yang kenaikan harganya 155 ribu. Untuk Mio series rata rata kenaikan hanya 135 ribu dan Freego dan Freego S naik 150 ribu.

Bergeser ke kubu biru metalik ada Suzuki, nah ini adalah harga motor matic entry level Suzuki per April 2020. Di tabel ini cukup 2 peserta dengan berbagai macam variannya, ya iyalah emang cuma 2 hehe… ada Nex II dan Address. Namun yang tidak diduga-duga adalah kenaikan harga matic Suzuki rata rata tinggi.

Nah kalau kita lihat di grafik maka kenaikan harga Suzuki Address termasuk paling tinggi, bahkan tertinggi dari semua kenaikan motor entry level matic April 2020 ini. Address Standar dan Address Playful mencatat kenaikan harga 605 ribu sedangkan Address BP malah 455 ribu. Sedangkan kubu Suzuki Nex II cuma 350 ribu sajah ehehe… Walau naik harganya ekstrim begini slur, coba disimak bahwa harga matic entry level termurah masih dipegang Suzuki. Jadi masih oke lah harganya.

Nah itu data tentang harga entry level matic terbaru, sayangnya untuk matic biasa penuliz belum dapat harganya. Nanti kita cocoklogi lagi hehe… oh ya ini semua harga OTR Jakarta ya lurd, untuk daerah lain coba di cocoklogikan ke dealer setempat saja lurd. Monggo komentarnya dibawah ini….

Nyetir sehat pasti pintar…… Salam gendjooosss…..

This entry was posted in Roda 2 and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *