Bos Merek Mobil Terkenal Ini Ramalkan Model Coupe Akan Punah, Benarkah Demikian?

Para merek besar sudah menyerah mempertahankan beberapa segmen karena selera pasar sudah semakin bergeser

Yudakusuma.net – Selamat malam teman-teman, mungkin masih ada yang menengok blog ini, ya penuliz positif thinking juga sih, karena sibuknya pekerjaan dan niat… yap niat… saya agak susah ngeblog nih. Sudah terhitung 2 tahun sampai penuliz abai sama domain blog yang satu ini dan akhirnya LOSS…. hiks Yudakusuma.com dicolong uwong…. ya tapi yasudah, yang berlalu ya berlalu. Sekarang saya lagi maintain Yudakusuma.net agar tidak kejadian lagi sama domain lama, tapi baru updatenya sekarang. Ya sekarang karena #DiRumahAja karena wabah Covid-19 membuat penuliz sukses menggangur, mau keluar juga ga bisa dan ga boleh kan, malah inget vlog yaudah gaskeun. Semoga lancar nulisnya haha…

Oke mungkin sekarang berita yang paling hits ya tentang wabah Covid-19 tapi menurut penuliz berita ini gak baik untuk dikonsumsi. Memang betul sih sebagai kita yang terdampak, kita perlu cari tau update seputar wabah ini, tapi kadang berita juga menggoreng habis2an beritanya. Bukannya jadi konsen malah paniknya duluan… padahal justru kalau lagi kepepet gaboleh panik… harusnya tenang konsentrasi… apalagi netizen yang suka OOT soal wabah nyalahin sana sini. Jadi mungkin kita cooling down untuk mencari berita otomotif yang menarik aja dulu ya biar tensinya gak naik terus.

Nah mungkin ada yang pernah denger segmen ini, coupe, harusnya udah banyak yang tahu lah ya. Tapi berhubung segmen ini gak rame di indonesia, di dunia juga ga rame sih walau masih mending, jadi penuliz jelaskan. Coupe adalah segmen mobil dengan model 2 pintu, eits… bukan Carry apalagi GranMax ya… Ini adalah sedan 2 pintu dengan ciri khas atap yang landai, jadi jaman dulu model sedan apalagi sedan kompak jarang yang 4 pintu, adanya 2 pintu. Contohnya Toyota Corolla KE10, KE20 atau BMW seri 3 E21. Jaman dahulu model dibuat coupe karena compact dan kalau dibuat 4 pintu rasanya maksa.

Lalu jaman sudah berganti dan model yang tadinya compact pun membengkak bodinya, sehingga memungkinkan dipasang 2 pintu di bagian belakang. Lalu segmen ini digunakan untuk membuat model yang lebih sporty daripada biasanya. Sehingga berbagai sportscar yang ada sudah pasti coupe, jadi segmen ini tetap terisi dan tetap menjadi favorit. Ya coupe yang kalian tahu sudah pasti Toyota 86, BMW M2, VW Scirocco, Audi TT. Lalu kalau segmennya orang orang yang kayak Hotman Paris udah pasti Ferrari, Porsche dan Lamborghini.

Okay seperti yang dikutip dari Somagnews, jadi petinggi Peugeot bernama Jean-Philippe Imparato memberikan pernyataan bahwa kedepannya, segmen Coupe ini akan mati. Hal ini bukan tanpa alasan sih, di segmen Coupe juga ada Peugeot RCZ dengan atap dan desain istimewa dan mesin BBS alias biasa biasa saja. Sebelumnya pun mereka pernah punya Peugeot 406 Coupe, ada lagi 405 coupe dan seterusnya… jadi mereka gak pernah absen mengisi pasar ini. Namun dengan statement ini sudah jelas bahwa kita tidak akan melihat line up coupe lagi di Peugeot kedepannya (padahal sudah ada konsep peugeot e legend yang keren ya).

Realitanya menurut Jean-Philippe, membuat model coupe membutuhkan dana yang tidak sedikit karena dituntut fun to drive. Beda sama mobil keluarga yang kalau limbung yo wes ben tinggal alon alon wae to, sehingga dituntut pengendalian super prima yang membutuhkan danus alias dana usaha besar. Sedangkan coupe sendiri bukan segmen yang laris di pasaran, apalagi semakin menjamur model SUV seperti sekarang dan ada Coupe SUV. So semakin tidak make sense untuk mempertahankan segmen ini. Audi saja sudah ketok palu akan mematikan Audi TT yang membawa nama Audi di kancah sport. Sehingga menurut penuliz ya ada benarnya juga Coupe macam ini suatu saat akan mati.

Tapi apakah benar benar mati? Mungkin ya untuk model coupe kecil macam sportscar, hanya pabrikan besar macam Toyota saja yang ingin mempertahankan segmen ini. Kabarnya tahun depan Toyota akan merilis 86 baru dan Nissan pun mematenkan kembali logo Z yang biasa dipakai Nissan 350Z, gosipnya sih bakal ada generasi baru. Tapi ya mereka juga entah sampai kapan? Tapi menurut saya Coupe dicintai karena keindahan bentuknya, wanita pun lebih tertarik anda bawa coupe daripada anda bawa Land Cruiser meski sama sama kaya. Memang sex appealnya beda…

Oleh karena itu menurut penuliz sih, Porsche Ferrari dan Lamborghini serta segala merek model supercar, hypercar dan grand touring yang base modelnya Coupe akan tetap lestari. Walaupun mereka juga gak nolak bikin model SUV macam Porsche Cayenne, Lamborghini Urus, Bentley Bentayga dan kedepannya akan ada Ferrari Purosangue (jangan salah baca ya). Tapi soal model Coupe? bagi mereka ya harga mati… Ciri khas model men… apalagi mereka diciptakan buat meningkatkan harga diri (eh)… ya status gitu haha… Intinya sih Coupe bisa saja mati kedepannya tapi untuk segmen kecil sedangkan untuk supercar dan hypercar insyaallah tetap Coupe hehe…

Nah bagaimana pendapatmu dulurs… silahkan komentar di bawah ini ya….

Nyetir sehat pasti pintar…….. Salam Gendjoss…..

This entry was posted in Sports car, Supercar / Hypercar and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *